Temu Tari “Benuanta Menari”

Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara melalui UPT. Taman Budaya melaksanakan Kegiatan Temu Karya Taman Budaya Kalimantan Utara di mana dikhususkan untuk Kegiatan Temu Tari dengan mengusung Tema “Benuanta Menari”. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2019 bertempat di Panggung Pertunjukan Taman Tepian Kaltara Abadi, Tanjung Selor.

Kegiatan Temu Tari ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Utara yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara, Bapak DR. H. Sigit Muryono, M.Pd.Kons. Dalam sambutannya Gubernur Kalimantan Utara yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara memberikan apresiasi kepada seniman-seniman tari Kalimantan Utara yang senantiasa melestarikan dan mengembangkan seni tari Kalimantan Utara. Beliau mengharapkan agar generasi muda mencintai seni budaya Kalimantan Utara dan ikut melestarikan seni budaya Kalimantan Utara.

Temu tari “Benuanta Menari” ini dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi pertama berisi Bincang Tari dengan nara sumber Bapak Datu Norbeck, SH seorang penggiat tari pesisir yang berasal dari Kota Tarakan, bersama asistennya Kin Ayu. Dalam sesi ini Bapak Datu Norbeck memberikan pakem atau aturan dasar dalam hal tari pesisir dan diperagakan oleh Kin Ayu.

Sesi kedua berisi penampilan-penampilan tari dari SMKN 2 Tanjung Selor yang menampilkan Tari Teguyun De Benuanta, SMKN 1 Tanjung Palas menampilkan Tarian Mandau, SMA Agape Tanjung Selor menampilkan Tarian Bangen Tawai dan Tarian Tebengang Madang, Sanggar Tari Tidung Taka menampilkan Tarian Tingkang Talu dan Tarian Gumbak Gesinggau, Sanggar Tari Setara menampilkan Tarian Jugit Demaring, dan Komunitas Etnik Kaltara menampilkan Tarian Pepatai dengan total pengisi acara sebanyak 106 orang yang terdiri dari penari dan pemain musik.

Antusias masyarakat Tanjung Selor dalam menyaksikan kegiatan ini luar biasa,  terlihat dari ratusan penonton yang menyaksikan kegiatan ini. Hadir pula pada acara ini  pengiat-pengiat tari senior Bapak Atung Luhat, Bapak Tanyit Alui, dan Ibu Hj. Sensuswathy.

Leave a Reply